manajemen dan organisasi

MANAJEMEN DAN ORGANISASI

MANAJEMEN

Ini adalah versi stabil, disetujui pada 4 Oktober 2010. Drafnya memiliki 1 usulan perubahan yang menunggu tinjauan.

\Kata Manajemen berasal dari bahasa Perancis kuno ménagement, yang memiliki arti seni melaksanakan dan mengatur.

Fungsi manajemen

Henry Fayol mengemukakan bahwa fungsi manajemen terdiri dari:

  1. Planning (perencanaan)
  2. Organizing (pengorganisasian)
  3. Commanding (pemberian komando)
  4. Coordinating (pengkoordinasian)
  5. Controlling (pengawasan)

George R. Terry menyebutkan bahwa fungsi manajemen terdiri dari:

  1. Planning (perencanaan)
  2. Organizing (pengorganisasian)
  3. Actuating (penggerakan)
  4. Controlling (pengawasan)

Harold Koontz dan Cyril O’Donnel membagi fungsi manajemen menjadi:

  1. Planning (perencanaan)
  2. Organizing (pengorganisasian)
  3. Staffing (penyusunan pegawai)
  4. Directing (pembinaan kerja)
  5. Controlling (pengawasan)

Prinsip manajemen

Prinsip-prinsip dalam manajemen bersifat lentur dalam arti bahwa perlu dipertimbangkan sesuai dengan kondisi-kondisi khusus dan situasi-situasi yang berubah. Menurut Henry Fanyol seorang pencetus teori manajemen yang berasal dari Perancis, prinsip-prinsip umum manajemen ini terdiri dari:

  1. Pembagian kerja (Division of work)
  2. Wewenang dan tanggung jawab (Authority and responsibility)
  3. Disiplin (Discipline)
  4. Kesatuan perintah (Unity of command)
  5. Kesatuan pengarahan (Unity of direction)
  6. Mengutamakan kepentingan organisasi di atas kepentingan sendiri
  7. Penggajian pegawai
  8. Pemusatan (Centralization)
  9. Hirarki (tingkatan)
  10. Ketertiban (Order)
  11. Keadilan dan kejujuran
  12. Stabilitas kondisi karyawan
  13. Prakarsa (Inisiative)
  14. Semangat kesatuan, semangat korps

Manajer

Manajer adalah seseorang yang bekerja melalui orang lain dengan mengoordinasikan kegiatan-kegiatan mereka guna mencapai sasaran organisasi.

Tingkatan manajer

Piramida jumlah karyawan pada organisasi dengan struktur tradisional, berdasarkan tingkatannya.

  1. Manajemen Puncak (Top Management)
  2. Manajemen Menengah (Middle Manajement)
  3. Mnajemen supervise/tingkat pertama (Supervisory of First Tine Manajement)
  4. Manajemen Non Supervisi (Non Supervisory Manajement)

Bidang manajemen

  • Manajemen biaya
  • manajemen pemasaran
  • Manajemen mikro
  • Manajemen sakit
  • Manajemen program
  • Manajemen proses
  • Manajemen produksi
  • Manajemen kualitas
  • Manajemen sumberdaya manusia
  • Manajemen risiko
  • Manajemen pengeluaran
  • Manajemen sistem
  • Manajemen waktu
  • Manajemen strees
  • Manajemen strategis
  • Manajemen keuangan
  • Manajemen personalia

Organisasi

Organisasi (yunani: ργανον, organon – alat) adalah suatu kelompok orang dalam suatu wadah untuk tujuan bersama.

Dalam ilmu-ilmu sosial, organisasi dipelajari oleh periset dari berbagai bidang ilmu, terutama sosiologi,ekonomi, ilmu politik, psikologi, dan manajemen. Kajian mengenai organisasi sering disebut studi organisasi (organizational studies),perilaku organisasi (organizational behaviour), atau analisa organisasi (organization analysis).

Bentuk-bentuk organisasi

  1. Organisasi politik
  2. Organisasi sosial
  3. Organisasi mahasiswa
  4. Organisasi olahraga
  5. Organisasi sekolah
  6. Organisasi Negara

SUMBER ( dirangkum dari buku PENGANTAR BISNIS edisi ke dua dan Wikipedia)

Tinggalkan komentar