Mitos Tidur Tertindih Roh Halus

Mitos Tidur Tertindih Roh Halus

Mungkin hampir semua dari kita pernah mendengar istilah tidur tertindih setan atau hantu. Dan apa mungkin teman anda pernah menceritakan bahwa dia tidak bisa bangkit dari tidurnya dipagi hari dan dia menambahkan melihat roh halus diatasnya yang sedang menindihnya. Sebenarnya peristiwa itu dapat dijelaskan secara ilmiah. Peristiwa ini dikenal dengan istilah “Sleep Paralysis”(Kelumpuhan pada saat tidur). Sleep paralysis (menurut Stanford) adalah “periode saat terjadi ketidakmampuan tubuh melakukan gerakan secara sadar baik pada saat tidur maupun saat terbangun”. Anda tidak dapat bergerak selama beberapa saat ketika terbangun dari tidur anda. Tanda-tandanya anda akan merasa dada anda sesak, sulit bernapas dan leher anda sepertinya dicekik. Ini merupakan peristiwa yang normal dan tidak ada sangkut pautnya dengan roh halus.

 

Dalam bidang kedokteran terdapat istilah REM (Rapid Eye Movement) yang merupakan fase dimana seseorang mengalami tidur yang paling dalam. Pada fase ini tubuh tidak berhubungan dengan otak sehingga terjadi paralisis (kelumpuhan) pada tubuh. Sleep paralysis itu akan terjadi ketika pikiran kita sudah keluar dari fase REM itu sementara tubuh kita belum berhubungan dengan otak. Menurut Dr. Max Hirshkowitz, ahli dari sleep Disorder Center, Sleep Paralysis ini sering terjadi ketika otak mengalami transisi antara mimpi dengan kondisi sadar. Karena selama fase REM mimpi dalam, otak itu mematikan fungsi seluruh gerak tubuh sehingga tubuh tidak bisa bergerak. Peristiwa ini bisa terjadi pada siapa saja baik itu laki-laki atau perempuan. Menurut survei, kebanyakan orang dewasa terlebih para remaja mengalami Sleep Paralysis ini.

 

Kebanyakan orang dan hampir semua yang mengalami Sleep Paralysis ini mengalami halusinasi. Sulit bernapas dan serasa leher kita dicekik. itu merupakan halusinasi dari ketakutan saja. Otak akan mengirimkan gambaran yang kita takuti saat kita tidak dapat menggerakkan tubuh kita. Itu merupakan hal normal dan hanya respon otak kita saja. Ketika sleep paralysis yang bisa anda rasakan adalah sebagai berikut :

1. sensasi suara

2. bau

3. pengangkatan, perasaan seperti diangkat

4. terror

5. kelumpuhan

6. bisa melihat sosok yang menakutkan

Hal yang sering menyebakan terjadinya Sleep Paralysis ini adalah dikarenakan stres atau terlalu kelelahan. Maka mari kita biasakan istirahat yang cukup dan berolahraga secara teratur. Dan ada tips-tips yang bisa kita lakukan untuk mencegah Sleep Paralysis ini.
Mengkonsumsi diet yang seimbang, banyak minum, jangan biarkan perut kosong sebelum tidur, jangan meminum kopi sebelum tidur dan tidur yang cukup dan teratur.

 

 

http://blogdotkita.blogspot.com/2011/09/mitos-tidur-tertindih-roh-halus.html

http://miracleareas.blogspot.com/2010/02/berasa-ketindih-saat-tidur.html

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s