Makanan Dari Berbagai Negara

Dunia kuliner memang akan terus berkembang. Orang-orang di berbagai belahan dunia pasti akan berbondong-bondong mencari resep baru atau hanya sekedar menikmati aneka kuliner di berbagai Negara. Keeksotisan Asia tak hanya dikenal melalui kebudayaan dan alamnya, tapi juga makanannya. Setiap negara pasti punya makanan khas dengan ciri – ciri dan keunikan masing – masing. Meski ada beberapa makanan yang merupakan hasil perpaduan atau pengaruh dari makanan daerah lain, hal ini tidak mengurangi keunikan suatu negara yang pasti membuat siapapun ketika memakan makanan khas langsung teringat dengan makanan tersebut.

Makanan Asia terkenal dengan rasanya yang khas yang dibumbui dengan aneka rempah. Jepang terkenal dengan sushinya, Sama seperti makanan Jepang, makanan India juga terkenal hingga ke ujung dunia. Bangsa India adalah bangsa pendatang dimana dulunya banyak dikirim Inggris menjadi pekerja di negara-negara koloninya dan menetap hingga sekarang. India sangat terkenal dengan kare-nya yang khas yang penuh citarasa rempah. Makanan lainnya yang tak kalah lezatnya adalah masala, kebab, mutton dan roti chane. Cina juga menelurkan banyak makanan lezat yang sangat mudah ditemui dimana-mana. Masakan cina sangat populer dan menjadi favorit semua orang. Selain mudah dimasak dan tak memerlukan waktu lama, cita rasa masakan ini mudah diterima oleh siapa saja Di negara-negara maju masakan cina terkenal dengan harganya yang murah, mudah didapat dan selalu tersedia setiap saat.

Masakan Thailand saat ini mulai menanjak kepopulerannya seiring dengan semakin terkenalnya dunia pariwisatanya. Banyak para warga negara lain yang mulai menggemari masakan Thailand yang gurih dan pedas. Sepintas makanan Thailand mirip dengan masakan Indonesia namun dengan rasa yang tidak sekuat masakan Indonesia. Makanan Thailand banyak menggunakan buah sebagai bahan dasar bumbunya, juga rempah-rempah yang beraneka ragam. Masakan yang paling terkenal adalah Tom Yam dan Kari dengan aneka jenis. Selain itu, keanekaragaman budaya Indonesia menghasilkan berbagai macam jenis masakan yang sangat lezat, kaya akan rempah dan bumbu. Walaupun belum mendunia, tetapi masakan Indonesia tak kalah rasanya dengan masakan-masakan negara lainnya. Masakan Indonesia dipopulerkan ke masyarakat dunia oleh warga negara Indonesia yang tinggal di negara lainnya. Selain kaya bumbu, masakan Indonesia juga menggunakan berbagai macam bahan dasar seperti sayuran, ikan, ayam, makanan laut, dan lain-lain. Masakan Indonesia merangkum berbagai jenis masakan daerah dan beberapa sangat terkenal di seantero Indonesia.

Di Indonesia, Amerika terkenal dengan makanan cepat saji. Menu yang paling digemari adalah ayam goreng cepat saji atau fried chicken dan burger. Amerika adalah negara dimana terdapat banyak pendatang yang datang dari berbagai bangsa di dunia. Oleh sebab itu, makanan Amerika yang populer adalah adaptasi dari berbagai makanan khas negara lainnya.
kemudian makanan Eropa yang terkenal di Indonesia adalah steak, spaghetti, pizza, pasta, salad dan banyak lagi. Walaupun masih terbilang mahal, namun saat ini konsumsi masakan eropa sudah mulai menanjak. Beberapa bahan dasar untuk membuat makanan ini masih harus diimpor dari luar negeri karena tidak dapat ditanam atau diproduksi di Indonesia, namun saat ini banyak restoran yang mengganti bahan dasar tersebut dengan bumbu ala Indonesia.

Seiring dengan banyaknya komunitas warga asing terutama di Jakarta dan Bali, masakan meksiko pun mulai populer dan diperkenalkan ke khalayak ramai. Rasanya yang juga kaya bumbu dan pedas dapat diterima di lidah masyarakat Indonesia. Masakan meksiko banyak menggunakan bahan yang berbahan dasar tepung dan dipenuhi oleh campuran sayuran dan daging baik daging sapi, ayam, unta atau yang lainnya. Makanan meksiko sangat terkenal di luar negeri dan sepertinya juga akan menjadi favorit masyarakat Indonesia. Anda dapat menikmati lezatnya alpukat yang dicampur dengan bumbu di Guacamole, Nacho’s, Quesadilla, Tacos dan Fajitas yang belum pernah anda nikmati sebelumnya. Selain itu, Korea mulai dilirik sebagai kiblat fashion dan pariwisata baru. Bibimbap, makanan Korea ini memang terkenal. Tapi dulu, Bibimbap hanya boleh dimakan oleh keluarga kerajaan. Tidak kalah terkenalnya dengan bibimpap, kimchi juga memjadi salah satu makanan korea yang terkenal. Kimchi merupakan jenis makanan fermentasi yang terbuat dari sayuran segar, umumnya dibuat dari sawi putih, bayam, lobak dan sayuran sejenisnya. Karena sudah melewati masa fermentasi, maka kimchi adalah makanan yang tahan lama.

 

http://imankikuk.blogspot.com

http://enhaberkarya.wordpress.com/2012/04/11/makanan-dari-berbagai-negara/

http://7aneh.blogspot.com/2011/02/10-negara-yang-terkenal-karena.html

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s