Kepulauan indonesia

Kepulauan Indonesia

Keindahan di Indonesia bukan hanya dari kesenian dan budayanya saja. Banyak hamparan luas pulau indah yang berada di Indonesia. Pulau-pulau luas nan begitu indah kini hampir tak semua terjamak oleh orang yang sangat senang berwisata. Keindahan yang ada di setiap pulau bukan hanya dari keindahan pemandangannya saja, namun keanekaragaman budaya menjadi salah satu daya tarik tersendiri yang hadir melengkapi indahnya pulau.

Indonesia di kenal dunia sebagai Negara kepulauan. Dinamakan Negara kepulauan karena memiliki 17504  pulau yang tersebar dari sabang sampai marauke. Hampir setiap propinsi di Indonesia memiliki pulau. Dari sekian banyak pulau yang kita miliki, ada 7870 pulau yang telah memiliki nama dan msih ada 9634 pulau yang belum memiliki nama.secara harfiah pulau adalah sebidang tanah yang kecil dari benua dan lebih besar dari karang dan di kelilingi air laut. Sedangkan data terakhir dinas hidrografi angkatan laut RI jumlah pulau Indonesia meliputi 17334 pulau. Kondisi pulau Indonesia membuat Indonesia menjadi Negara yang besar. Selain sebagai Negara kepulauan, Indonesia dikenal dengan nama Negara maritim atau Negara yang pulau-pulaunya dipisahkan oleh laut. Di dunia, Indonesia merupakan negara yang memiliki banyak laut sehingga banyak bangsa asing yang mengunjungi Indonesia.

 

Salahsatu yang menarik perhatian bangsa asing mengunjungi Indonesia adalah pulau-pulaunya yang terkenal indah. Dari sekian banyak pulau yang ada, baik yang telah memiliki nama ataupun yang belum, ada beberapa pulau terbesar diantaranya pulau Sumatra, jawa, Kalimantan, Sulawesi dan papua. Secara geografis dan astronomis, Negara kesatuan RI terletak pada posisi 6°8’ LU, 11°15’ LS, 94°45’ BB dan 141°5’ BT. Pada tanggal 13 desember 1957 pemerintah Indonesia mengeluarkan deklarasi juanda, dengan deklarasi itu maka tata lautan Indonesia merupakan satu kesatuan yang utuh dengan laut wilayah selebar 12 mill. Kemudia pada tanggal 18 oktober 1983, pemerintah RI telah mengeluarkan UU no 5 tahun 1983 tentang zone ekonomi ekslusif Indonesia dan tahun 1985 telah dikeluarkan UU no 17 tahun 1985 tentang pengesahan united nation convention on the law of sea. Pengakuan dan penetapan ZEE Indonesia itu mengandung harapan makin tersedianya sumber alam bagi bangsa Indonesia.

 

http://www.anneahira.com/pulau-indonesia.htm

http://chairunnisawina.blogspot.com/2012/03/keindahan-pulau-indonesia.html

 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s