kecermatan berbahasa

Pengaruh Kecermatan Berbahasa

Cermat berbahasa adalah cermat dalam menggunakan bahasa yang baik dan benar dalam menyampaikan informasi agar mudah dipahami orang lain dan terlihat sopan. Begitupula dengan karakter bangsa, karakter bangsa adalah cermin dari bangsa tersebut yang menjadi karakter khusus yang menjadi pembeda dengan negara lain. Oleh karena itu cermat berbahasa akan berhubungan dengan karakter bangsa. Namun sebagai akibat kekurangmampuan berbahasa akan menyebabkan ketidakmampuan dalam menangkap informasi yang dengan menggunakan bahasa yang baku.

Berkaitan dengan uraian diatas, cermat berbahasa dapat menunjukan kecerdasan seseorang. Dengan cermat berbahasa seseorang akan mampu berkomunikasi dengan orang lain dengan menggunakan bahasa yang baik dan benar. Namun meskipun menggunakan bahasa yang baku merupakan bahasa yang baik, bahasa pergaulan juga penting dalam berkomunikasi dengan orang lain tetapi tetap sopan dalam menyampaikan suatu informasi. Kecermatan dalam berbahasa juga dapat menunjang profesi seseorang sebab pekerjaan seseorang akan berhubungan dengan orang lain dan harus menggunakan bahasa yang baik pada saat berkomunikasi serta menggunakan bahasa yang baik dan benar dengan pekerja lain akan berdampak baik bagi profesi pekerjaan kita. Sementara itu kecermatan bahasa dapat mencerminkan budaya luhur masyarakat karna masyarakat yang berbudaya merupakan karakteristik sebuah bangsa.

Sehubungan dengan uraian diatas, dapat disimpulankan kecermatan berbahasa sangat penting dipelajari atau digunakan dalam kehidupan sehari-hari. Dengan cermat berbahasa akan berpengaruh dalam membentuk karakteristik suatu bangsa yang menyebabkan bangsa kita mempunyai cirri khusus yang menjadi pembeda dengan negara lain. Begitulah  sedikit pembahasan tentang pengaruh kecermatan berbahasa agar kita mau belajar dan memahami bagaimana pentingnya cermat berbahasa.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s