aspek hukum dalam ekonomi

PENDIDIKAN

Mutu sumber daya manusia di Indonesia dapat di lihat dari beberapa faktor yaitu diantaranya tingkat pendidikan yang masih terbilang rendah bila di bandingkan dengan negara-negara maju. Namun demikian sepertinya sampai saat ini belum ada progres yang tinggi dalam dunia pendidikan Indonesia. Meskipun banyak juga pelajar-pelajar yang mempunyai prestasi-prestasi yang sudah di akui oleh negara lain atau sangat membanggakan yang dapat mengharumkan nama bangsa Indonesia tapi itu sepertinya hanya sebagian kecil saja dari keseluruhan pendidikan di Indonesia. Selain itu mungkin masih adanya anggapan bahwa mengenyam pendidikan yang tinggi itu tidak perlu atau mungkin semakin tinggi pendidikan semakin tinggi juga biaya yang harus di keluarkan. Memang pemerintah sekarang sedang menjalankan wajib belajar sembilan tahun dan tidak ada pungutan biaya selama Sembilan tahun tersebut. Tetapi apakah orang yang tidak mampu hanya di wajibkan wajib belajar hanya sembilan tahun? Atau apakah hanya di perbolehakn sekolah hanya sampai tingkat tertentu saja dan setelah itu apa yang akan mereka kerjakan setelah selesai dengan wajib belajar sembilan tahun tersebut?

Bukankah itu tidak adil bagi sebagian orang yang tidak mampu untuk mengenyam pendidikan dan mungkin hanya dengan bantuan tersebut mereka dapat merasakan mendapatkan pendidikan. Selain itu lapangan pekerjaan pun tidak akan menerima seorang pekerja hanya dengan tingkatan kecil ataupun semakin tinggi pendidikan yang seseorang dapatkan akan semakin besar juga tingkatan pekerjaan yang didapatkan. Lalu bagaimana dengan yang hanya menggantungkan wajib belajar sembilan tahun. Wajib belajar Sembilan tahun memang tidak ada tuntutan bagi siswanya untuk membayar apapun untuk mendapatkanĀ  pendidikan tersebut tapi terkadang pada kenyataannya teori tidak sama dengan praktek di lapangan. Banyak informasi yang kita terima dari media-media bahwa masih ada saja pungutan dalam mendapatkan pendidikan. Memang biaya fasilitas sekolah sudah pemerintah yang tanggung namun tidak jarang ada alasan masalah buku yang mewajibkan mereka harus membelinya.

Namun demikian program pemerintah wajib belajar Sembilan tahun terbilang bagus juga karena setidaknya anak-anak Indonesia dapat mengenyam dunia pendidikan. Tetapi pemerintah juga harus berpikir bagaimana dunia pendidikan Indonesia dapat berkembang pesat dan dapat lebih bersaing juga dengan dengan Negara-negara maju lainnya. Tidak hanya pemerintah saja yang berperan aktif dalam dunia pendidikan di Indonesia namun semua rakyat Indonesia juga berperan aktif dalam memajukan pendidikan Indonesia agar mampu bersaing dengan negara-negara lain juga.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s