ASPEK HUKUM DALAM EKONOMI

KEPENDUDUKAN

Pertumbuhan penduduk di Indonesia bisa di katakana sangat cepat. Pertumbuhan penduduk disebabkan oleh jumlah angka kelahiran yang lebih besar dari jumlah kematian.apabila tidak ada usaha untuk mengendalikan tingkat pertumbuhan, maka pertumbuhan penduduk akan terus meningkat dan akan terjadinya ledakan penduduk. Untuk menghindari ledakan penduduk, perlu dilakukan berbagai usaha antara lain dengan program Keluarga Bencana (KB). Indonesia saaat ini pun sudah menerapkan program tersebut untuk menekan angka kelahiran namun sepertinya program tersebut belum berjalan efektif untuk saat ini. Perubahan jumlah penduduk pada suatu negara disebabkan oleh tiga faktor, yakni angka kelahiran atau natalitas, angka kematian atau mortalitas, dan migarasi atau perpindahan penduduk. Dari ketiga faktor tersebut terdapat kriteria-kriteria yang menujukan angka kelahiran atau kematian disebut tinggi atau rendah.

Dari semua itu bila terjadi pertumbuhan penduduk yang terus menerus dan tidak dapat dikendalikan maka akan terjadi ledakan penduduk.berbagai faktor yang dapat menagkibatkan terjadinya ledakan penduduk seperti angka kelahiran yang tinggi, angka kematian yang rendah, ekonomi yang tidak teratur/merata, tingkat pendidikan yang tidak merata. Dapat kita bayangkan bagaimana hebatnya ledakan penduduk jika masing-masing pasangan melahirkan beberapa anak sementara umur manusia semakin panjang berkat kemajuan ilmu dan teknologi. Semuanya itu akan membawa dampak dan masalah yang beraneka ragam bagi kehidupan manusia antara lain penyebaran penduduk yang tidak merata, menurunnya tingkat kehiupan masyarakat, hingga bencana kelaparan. Penyebaran penduduk yang tidak merata sehingga banyak penduduk berpindah tempat ke kota sedangkan sebagian lain penduduknya jarang, hal ini akan mengakibatkan banyaknya pengangguran apalagi di kota besar seperti Jakarta juga sudah banyak pengangguran, hal ini juga dapat di sebabkan oleh banyaknya tenaga kerja tapi tidak di seimbangi dengan adanya lapangan pekerjaaan. Menurunnya tingkat kehidupan masyarakat karena sumber daya ekonomi tidak seimbang dengan pertambahan penduduk.

Singkatnya kepadatan penduduk yang tinggi akan menimbulkan masalah hampir pada seluruh bidang kehidupan manusia seperti makanan, pendidikan, kesehatan, pekerjaan dan lain-lain. Oleh karena itu ledakan penduduk harus segera diatasi dengan tindakan-tindakan yang konkret.

Usaha-usaha untuk mengatasi ledakan penduduk antara lain denagan menurunkan laju pertumbuhan penduduk dengan menurunkan angka kelahiran, seperti dengan penyuluhan/ menyelenggarakan program Keluarga Bencana (KB), peningkatan produksi pangan, menambah lapangan kerja yan merata di setiap daerah sehingga masyarakat tidak tergoda dengan pekerjaan-pekerjaan yang ada di kota dan mengakibatkan mereka meninggalkan daerahnya dengan berpikir bahwa denagn bekerja di kota akan memperbaiki kehidupan mereka terutama di bidang ekonomi. Meningkatkan tingkat pendidikan di daerah-daerah juga sangat penting dimana tidak ada perbedaan pendidikan yang di terima oleh masyarakat kota maupun daerah. Sering kita lihat sekolah-sekolah di daerah terpencil dapat dikatakan tidak layak untuk di tempati siswanya itu berbanding terbalik dengan sekolah-sekolah yang ada di kota sehingga meningkatkan tingkat pendidikan dan juga menyetarakan tingakat pendidikan baik di daerah atau di kota juga sangat perlu untuk mengatasi ledakan penduduk sehingga mereka dapat berpikir bagaimana membuat daerahnya menjadi tempat yang dapat mensejahterakan hidup mereka tanpa harus berpindah tempat di daerah lain.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s