aspek hukum dalam ekonomi

Wajah Hukum Ekonomi Di Indonesia

Hukum adalah aturan secara resmi yang mengikat masyarakatnya berupa larangan-larangan dan peraturan-peraturan yang di buat untuk mengatur masyarakat suatu Negara. sedangkan Ekonomi sendiri adalah ilmu yang mempelajari perilaku manusia dalam memilih dan menciptakan kemakmuran. Kata “ekonomi” sendiri berasal dari kata yunani (oikos) yang berarti “keluarga, rumah tangga” dan (nomos), atau “peraturan, aturan, hukum,” dan secara garis besar diartikan sebagai “aturan rumah tangga “ atau “manajemen rumah tangga. Jadi dapat di simpulkan bahwa hukum ekonomi adalah suatu hubungan sebab akibat atau pertalian peristiwa ekonomi yang saling berhubungan satu dengan yang lain dalam kehidupan ekonomi sehari-hari dalam masyarakat. Sebagai salah satu contoh hukum ekonomi, Jika harga sembako naik maka harga-harga barang lain biasanya akan ikut merambat naik dan juga yang sedang di hadapi Indonesia saat ini adalah soal kenaikan harga BBM yang akan mengakibatkan harga barang-barang lainnya juga akan naik.

Pada sistem demokrasi ekonomi, pemerintah dan seluruh rakyat baik golongan ekonomi lemah maupun pengusaha aktif dalam usaha mencapai kemakmuran bangsa. Dengan demikian sistem ekonomi demokrasi dapat didefinisikan sebagai suatu sistem perekonomian nasional yang merupakan perwujudan dari falsafah Pancasila dan UUD 1945 yang berasaskan kekeluargaan dan kegotongroyongan dari, oleh, dan untuk rakyat di bawah pimpinan dan pengawasan pemerintah. termasuk hukum tertinggi yang mengatur mengenai perekonomian di Indonesia terdapat dalam pasal 33 UUD 1945, yang berbunyi :

1.      Perekonomian disusun sebagai usaha bersama berdasar asas kekeluargaan

2.      Cabang–cabang produksi yang penting bagi negara dan menguasai hajat hidup orang banyak dikuasai oleh negara.

3.      Bumi dan air dan kekayaan alam yang terkandung didalamnya dikuasai oleh Negara dan dipergunakan untuk sebesar-besarnya kemakmuran rakyat

4.      Perekonomian nasional diselenggarakan berdasarkan demokrasi ekonomi dengan prinsip kebersamaan, efisiensi, berkeadilan, berkelanjutan, berwawasan lingkungan, kemandirian, serta dengan menjaga keseimbangan kemajuan dan kesatuan ekonomi nasional.

5.      Ketentuan lebih lanjut mengenai pelaksanaan pasal ini diatur dalam undang-undang.

Meskipun begitu bagusnya kata-kata yang terdapat dalam pasal tersebut tapi kenyataannya tidak sebagus apa yang di rasakan oleh masyarakat. Pada kenyataannya ekonomi di Indonesia sekarang dapat di katakan memprihatinkan. Namun semua yang di buat atau di atur oleh pemerintah sedemikian rupa belum dapat dikatakan sepenuhnya berhasil. Dimana tingkat kemiskinan yang tidak dapat diatasi sepenuhnya oleh pemerintah saat ini. Hukum ekonomi sesungguhnya dibuat untuk memudahkan masyarakat Indonesia untuk melakukan transaksi ekonomi, Tetapi itu tidak membantu masyarakat.

Hukum Ekonomi Indonesia dibedakan menjadi dua yaitu Hukum Ekonomi Pembangunan dan Hukum Ekonomi Sosial. Hukum Ekonomi Pembangunan adalah pengaturan dan pemikiran hukum mengenai cara-cara peningkatan dan pengembangan kehidupan ekonomi secara nasional dan berencana. Sedangkan hukum Ekonomi Sosial adalah pengaturan dan pemikiran hukum mengenai cara-cara pembagian hasil pembangunan ekonomi nasional secara adil dan merata, sesuai dengan martabat kemanusiaan. Pemerataan ekonomi masyarakat Indonesia seharusnya juga menjadi tugas yang pokok bagi pemerintah, dimana sepertinya semakin banyak rakyat di bawah garis kemiskinan saat ini. Mungkin kalau dapat dibandingkan kondisi ekonomi di Indonesia pada saat zaman orde baru lebih baik dari sekarang. walaupun itu semua ada baik dan buruknya dalam pengambilan keputusan masalah ekonomi.

Pada umumnya prinsip ekonomi adalah bagaiman cara memperoleh keuntungan semaksimal mungkin dengan pengorbanan atau modal tertentu. Tetapi walaupun begitu kita harus memikirkan baik buruknya dalam menjalani proses memperoleh keuntungan tersebut. Jangan sampai sibuk dengan keuntungan yang ingin di peroleh tapi banyak merugikan pihak lain. Itulah yang harus diperhatikan pemerintah dalam menangani masalah ekonomi Indonesia. Mereka sibuk mengurusi bagaimana mereka dapat balik modal pengeluaran saat proses duduk ditempat tertinggi, sudah sampainya di tempat tertinggi mereka sibuk bagaimana caranya mendapatkan keuntungan dari kekuasaan tersebut.

Contoh masalah ekonomi yang dihadapi negara Indonesia saat ini adalah akan di berlakukannya kenaikan BBM. Dengan di berlakukannya kenaikan tersebuat akan semakin memberatkan rakyat kecil yang tidak dapat berbuat apa-apa selain hanya menerima keputusan pemerintah tersebut. Saat ini belum di berlakukannya kebijakan tersebut saja sudah membawa dampak yang begitu besar terhadap rakyat kecil seperti kenaikan harga-harga pokok. Sebaiknya pemerintah juga harus memperhatikan kehidupan rakyat kecil dan juga memperbaiki apa yang sudah dirasakan menyimpang dalam hukum ekonomi bukan malah menambah penderitaan rakyat kecil yang hanya dapat mengutarakan pendapatnya saja dan seharusnya pemerintah dapat merealisasikan pendapat rakyat tersebut.

Kesenjangan ekonomi juga berakibat tindakan kriminalisasi. Sebagai contohnya adalah banyaknya pembunuhan maupun bunuh diri dengan alasan himpitan ekonomi yang semakin berat, banyaknya pencurian maupun perampokan dimana-mana, premanisasi dan banyak lainnya. Dalam teori sistem demokrasi ekonomi, pemerintah dan seluruh rakyat baik golongan ekonomi lemah maupun pengusaha aktif dalam usaha mencapai kemakmuran bangsa, sepertinya sudah sangat jauh dari kenyataan yang terjadi dalam masyarakat Indonesia.

Dari semua itu tentu saja bukan sepenuhnya tanggungjawab pemerintah tapi masyarakat juga mempunyai tanggungjawab dalam masalah ekonomi Indonesia. Mungkin dengan mendirikan koperasi masyarakat dapat membantu perekonomiannya. Dengan membayar pajak juga dapat mambantu perekonomian di Indonesia dan juga dengan membuka lapangan pekerjaan. Selain itu juga memperbanyak sumber daya manusia yang terampil agar dapat mengolah sumber daya alam yang terbatas dan menghasilkan laba semaksimal mungkin dan meningkatkan perekonomian masyarakat Indonesia.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s