perdagangan dan hubungan ekonomi internasional

Perdagangan dan Hubungan Ekonomi Internasional

Pada awalnya, perdagangan internasional hanya sebatas pada kegiatan ekspor dan impor. Tetapi dengan makin luasnya pengaruh globalisasi ekonomi, semakin dirasakan dampaknya terhadap aktivitas pembangunan suatu Negara. Perdagangan internasional dikembangkan secara melembaga melalui berbagai bentuk kerjasama ekonomi antar Negara. Agar kerjasama tersebut berhasil dan menguntungkan, maka kerjasama antarnegara tersebut diatur dalam bentuk organisasi resmi.

Perdagangn internasional adalah perdagangan yang dilakukan oleh penduduk suatu Negara dengan penduduk Negara lain atas dasar kesepakatan bersama. Di banyak Negara, perdagangan internasioanl menjadi salah satu factor utama untuk meningkatkan GDP. Meskipun perdagangan intenasional telah terjadi selama ratusan tahun, dampaknya terhadap kepentingan ekonomi, social, dan politik baru dirasakan beberapa abad belakangan.

Pedagangan internasional mencakup masalah ekonomi dalam hubungannya suatu negara dengan Negara lain, baik mikro maupun makro ekonomi. Aspek mikro meliputi alokasi factor-faktor produksi dan penentuan harga. Aspek makro meliputi kekuatan-kekuatan yang secara internasional mempengaruhi penghasilan nasional dan kesempatan kerja antara beberapa perekonomian. Dengan demikian ekonomi internasional bergarak dan mempelajari mekanisme satu perekonomian sampai pada anilisa hubungan antara perekonomian satu Negara dengan Negara lain.

Beberapa teori perdagangan internasional :

  1. Teori Praklasik Merkantilisme
  2. Teori Klasik
  3. Teori Modern

Perbedaan perdagangan internasional dengan perdagangan domestic

Ada tiga perbedaan utama antara perdagangan internasional dengan perdagangan domestic :

  1. Peluang’horizon perdagangan yang lebh luas
  2. Adanya kedaulatan bangsa. Pada pedagang internasional, bangsa-bangsa mengatur aliran barang/jasa, tenaga kerja, dan keuangan. Sedangkan perdagangan domestic, aliran     perdagangan bebas tanpa regulasi yang berarti dari Negara
  3. Penggunaan kurs tukar. Dalam perdagangan internasional, Negara-negara menggunakan kurs tukar yang berbeda-beda.perdagangan internasional juga memerlukan system keuangan internasional yang dapat memastikan kelancaran aliran mata uang ini. Sedangkan perdagangan domestic hanya menggunakan satu kurs tukar

 

 

 

 

Sumber dirangkum dari buku pengantar bisnis (edisi kedua) Kustoro  Budiarta

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s